Kue Mangkok Gula Merah, Lembutnya Kue Tradisional Manado

Manado menawarkan dunia kuliner yang menarik. Berbagai jenis makanan unik yang lain dari tempat lain ada di wilayah ini. Termasuk soal kue, masyarakat Manado terkenal dengan penghasil resep-resep kue yang enak. Mungkin terkait dengan sejarahnya, pada masa colonial. Menu-menu Eropa sangat akrab dengan masyarakat di tempat ini.

Budaya orang Manado, usai makan nasi mereka biasanya akan mencari kue atau roti sebagai hidangan penutup, ditemani secangkir kopi. Mau makan pagi, siang, atau malam, demikianlah kebiasaan orang Manado. Karena itu, daerah di ujung utara pulau Sulawesi ini kaya dengan olahan kue-kue atau cemilan untuk menemani kopi atau teh.

Salah satu kue tradisional yang kondang di berbagai penjuru Indonesia, yang berasal dari Manado, adalah kue mangkok Gula Merah. Masyarakat Manado biasa menyebutnya sebagai kue Apang Coe. Kue yang bentuknya mirip bolu kukus, mekar di bagian atasnya.

Kue mangkok rasanya manis karena terbuat dari gula merah dan rasa gurih dari santan kelapa dan aromanya sangat wangi. Rasanya legit karena gula merah yang jadi bahan utama dan bungkus daun pandan yang menjadi alas memberi aroma wangi yang sangat enak, dengan tekstur kue yang lembut.

Untuk membuat kue mangkok gula merah bahannya cukup sederhana. Diantaranya santan, gula merah yang disisir halus, tepung beras, air kelapa , tepung terigu, daun pandan, dan ragi instan. Selain bumbu utama tersebut juga dibutuhkan bumbu tabor berupa parutan kelapa, gara, dan daun pandan. Partner sempurna untuk kopi atau teh Nusantara.

Sumber: Pesona Travel

Adventurindo Tour

Adventurindo Tour melayani Paket Wisata Manado, Manado Tour, Wisata Manado, Voucer Hotel, Rental Mobil, Rental Boat ke Bunaken, dengan harga terjangkau dan pelayanan yang baik. Telp/WA: 08114370678